Sunday, 24 February 2013

LAPORAN PPL STAI DARUSSALAM LAMPUNG



LAPORAN KEGIATAN MAHASISWA
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SDN 1 SUMBERJO
KEC. WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Diajukan guna untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan mata kuliah Praktrk Pengalaman Lapangan (PPL)






Disusun Oleh

NAMA                         : 1. Khoirul Fatah
                                          (NPM : 009897150804
                                     
JURUSAN                   : Tarbiyah
PROGRAM STUDI      : PAI






2013/2014


HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Peraktek Lapangan (PPL) mahasiswa STAID Lampung di SDN 1 Sumberjo  Way Jepara Kabupaten Lampung Timur.
Yang di laksanakan pada tanggal 29 Januari 2013 sampai dengan selesai.
No Nama Mahasiswa                                NPM
1.      Khoirul Fatah                                      (009897150804)         
            Laporan ini disahkan oleh :
                                                                    
Kepala Sekolah SDN 1 Sumberjo                       Dosen Pembimbung Lapangan


(MIYATNO, S.Pd )                                                   (Sumaryati, S.Pd)
NIP 196301051988081001
Mengetahui
Kepala STAI Darussalam
                                               

                                    (Drs. H.Jamiluddin Yacub, M.Si)
      
             Ka Prodi                                                                         Guru Pamong


(DAMANHURI, S.Pd.I, M.Ag)                                                                   (Mujadi)
KATA PENGANTAR

Berkat rahmat Allah SWT serta karunianya, Alhamdulilah kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan PPL dengan baik yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Januari sampai selesai SDN 1 Sumberjo. Walaupun laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, kami tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam – dalamnya kepada :
1.      Bapak Kepala STAI Darussalam Lampung Drs. H.Jamiluddin Yacub, M.Si
2.      Bapak Dekan STAI Darussalam Lampung
3.      Ibu Laila Nursafitri, S.Pd, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah mickro teaching STAI Darussalam Lampung
4.      Bapak Sumaryati S. Pd sebagai Dosen Pembimbing Lapangan
5.      Segenap panitia pelaksana PPL yang telah mengijinkan, menghantarkan penulis mengikuti PPL
6.      Bapak Miyatno, S. Pd selaku Kepala Sekolah SDN 1 Sumberjo
7.      Segenap Guru Pamong Mata Pelajaran PAI
8.      Bapak/ibu Guru  beserta Staf Karyawan Tata Usaha SDN 1 Sumberjo
9.      Bapak/ibu selaku mahasiswa PPL STAI Darussalam Lampung
10.  Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membimbing, mendorong kami dalam menyusun laporan ini, mudah – mdahan tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi mahasiswa STAI Darussalam Lampung dan kami harap laporan ini dapat diterima sebagaimana mestinya.

Way Jepara, 20 Pebruari 2013

Khoirul Fatah



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTRAR ISI
BAB I     :  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan Pelaksanaan
C. Manfaat Pelaksanaan PPL
BAB II   :  GAMBARAN UMUM (OBSERVASI) SEKOLAH
A. Situasi Dan Kondisi Fisik Sekolah
B. Riwayat Berdirinya Sekolah
C. Letak Geografis Sekolah
D. Keadaan Sekolah
E. Pengelolaan Sekolah
F. Organisasi Sekolah
G. Kurikulu
H. Kesiswaan
I. Kepegawaian
J. Keuangan (optional)
K. Sarana Dan Prasarana Sekolah
L. Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
BAB III  :  PELAKSANAAN PPL
A.    Laporan Kegiatan Proses Belajar
B.     Deskripsi Keberhasilan Dan Kendala Yang Dialami Praktikan Selama PPL

BAB IV  :  PEMBAHASAN (ANALISIS SWOT)
A.    Strength (kekuatan)
B.     Weakness (kelemahan)
C.     Opportunity (kesempatan)
D.    Threat (ancaman)

BAB V : PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran/Rekomendasi









BAB I
PENDAHULUAN




A.    Latar Belakang Pelaksanaan PPL

Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAID) Lampun, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berdiri di Lampung, dengan visi dan misi yang kuat untuk mengajak seluruh umat untuk kembali kepada tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafussalih, sehingga dengan hal itulah akan tercetak para generasi ulama, da’I dan guru yang berpengaruh ditengah masyarakat dengan jalan dkwah dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman.
Oleh karena itu pada Fakultas Tarbiyah, proses pendidikan di bangku kuliah lebih jauh ditujukan untuk mencetak calon guru yang memahami Dienul Islam serta menjunjung tinggi profesionalisme dalam mengajar.
Maka dengan upaya mengimplementasikan tujuan serta pemikiran tersebut, Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam STAID Lampung melalui Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tahun akademik 2012/2013 menyelenggarakan Praktek Profesi Lapangan (PPL) dalam bentuk praktek keguruan. Kegiatan Praktek Keguruan ini merupakan manifestasi dan pengalaman nilai kependidikan dan keagamaan dalam mengajar dan mendidikan tunas-tunas bangsa agar menjadi manusia yang paripurna dan muslim yang kaffah, yang sesuai dengan harapan dan tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan lebih jauh lagi sebagai bentuk perwujudan dalam kehidupan bermasyarakat guna ikut dalam menykseskan Pembangunan Nasional melalui aspek pendidikan dan pengajaran.
Untuk itu dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa ini bukan saja merupakan tugas pemerintah semata, akan tetapi harus didukung dan di laksanakan oleh seluruh lapisan masyarkat termasuk didalamnya Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI beserta seluruh civitas akademiknya pada setiap perguruan tinggi.

B.     Tujuan Pelaksanaan PPL
Tujuan dilaksanakannya PPL Keguruan ini adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan peran mahasiswa Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendidik masyarakat guna ikut berperan aktif menuju terciptanya tujuan Pendidikan Nasional.
2.      Menanamkan dan memupuk motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk bertanggung jawab dalam mengalokasikan teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat melalui jalur formal maupun non-formal.
3.      Mendidik mahasiswa agar dapat mengamati dan menganalisa secara langsung permasalahan yang komplek dalam dunia pendidikan, sehingga berusaha untuk memecahkan masalah tersebut dengna solusi yang praktis dan rasional serta professional sesuai dengan disiplin ilmu yang diketahui.
4.      Menjembatani hubungan yang harmonis antara Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Lampung (STAID) Dengan Sekolah Dasar di Way Jepara, Khususnya SDN 1 Sumberjo. Agar tumbuh hubungan silaturrahim dan interaksi yang saling menguntungkan.
5.      Agar mahasiswa memperoleh pengalaman serta penghayatan secara langsung dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu sebagai guru.





C.    Manfaat Pelaksanaan PPL
Manfaat dilaksanakannya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki pengalaman dibidang mengajar, karena PPL mengemban tugas dan amanah sebagai pengajar di lokasi PPL dan akan mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) seperti: Kepala Sekolah, Guru pamong, Supervisor, guru-guru dan anggota PPL yang lain. Dan tidak hanya masukan dan saran yang di dapat oleh anggota PPL namun kita dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan anggota itu sendiri.













BAB II
GAMBARAN UMUM (OBSERVASI) SEKOLAH




A.    Situasi dan kondisi fisik sekolah
SD.Negeri 1 Sumberjo apabila dilihat dari segi fisiknya cukup memadai dan bisa dikatakan cukup baik dan layak digunakan untuk proses belajar mengajar. SD.Negeri 1 Sumberjo ini telah memiliki 6 ruang belajar permanen, dan beberapa diantaranya berlantai keramik. Selain itu, SD.Negeri 1 Sumberjo ini memiliki 1 buah kantor guru yang cukup besar, 1 buah kamar mandi + WC murid, 1 buah kamar mandi + WC guru, parkir motor dan sepeda untuk guru dan murid dan lapangan volly.
Selain keadaan fisik yang memadahi letak sekolahan sangat strategis, mudah di jangkau oleh masyarakat yang ingin mendidik anaknya di sekolahan tersebut.

B.     Riwayat Berdirinya Sekolah
Sekolah sebagai unit pelaksana teknis terdepan mempunyai peran, tugas dan fungsi yang sangat menentukan dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu setiap aktivitas persekolahan harus di arahkan dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan tersebut.
Sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional, kebijakan teknis sekolah harus mengacu pada 4 (empat) strategi kebijakan Departemen Pendidikan Nasional, yaitu:
1.           Peningkatan pemerataan dan perluasan memperoleh kesempatan belajar.
2.           Peningkatan relavansi
3.           Peningkatan mutu pendidikan
4.           Peningkatan efesiensi dan efektifitas pengelolaan pendidikan

Yayasan Pendidikan yang berada di Sumberjo adalah suatu yayasan yang di dirikan oleh salah seorang tokoh pendidik dan masyarakat setempat. SDN 1 Sumberjo awalnya bernama SDN 2 Sumberjo. NO. SK Pendirian / Ijin Oprasi pada tahun 1981, pada awal yayasan berdiri, mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah DIKNAS yang di beri nama SDN 2 Sumberjo Dengan semakin bertambahnya program Dinas Pendidikan dan minat para siswa lebih banyak.
Pada awalnya SDN 1 Sumberjo berdiri, hanya memiliki siswa berjumlah sedikit  Tahun kedua dan seterusnya Siswapun semakin meningkat pesat.
Pasang surutnya SDN 1 Sumberjo diakibatkan oleh kurangnya ruang belajar dan bermunculanya Yayasan-yayasan pendidikan baru di sekitar desa Sumberjo. sehingga.
SDN 1 Sumberjo adalah sekolah yang telah terAkreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional pada Tahu 2009, hasil ini dikarenakan adanya kerja sama antar pihak sekolah dengan pihak guru sehingga sekolah ini mendapat predikat baik.

C.    Letak Geografis Sekolah
SD.Negeri 1 Sumberjo terletak diatas lahan tanah seluas ± 3.600 M2. Dan luas bangunan ± 630 M2.
SD.Negeri 1 Sumberjo terletak ± 1 Km dari pasar Way Jepara yang beralamat di Jl. Lintas Timur,  Kecamatan Way Jepara.
·         Sebelah Utara berbatasan dengan jalan berbatu.
·         Sebelah Timur berbatasan dengan perkebunan dan perumahan masyarakat
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan perkebunan, dan
·         Sebelah barat berbatasan dengan sekolah MIN

D.    Keadaan Sekolah (Keadaan Perlengkapan Sarana dan Prasana Belajar)
Untuk menunjang kegiatan pendidikan pada suatu sekolah, diperlukan sarana dan prasana yang memadai. Dari observasi penulis prasana dan prasana SDN 1 Sumberjo adalah sebagai berikut:
NO
Sarana Prasana
Keterangan
1
Lahan/bangunan
3.600 m2
2
Ruangan belajar
6 ruangan
3
Laboraturium
Tidak ada
4
Ruangan guru
Ada
5
Perpustakaan
Ada
6
Ruangan Kepala Sekolah
Ada
7
Musholla
Tidak ada
8
Sarana Olahraga
Ada
9
Sarana Telephon
Tidak ada
10
Sarana Listrik
Ada
11
Ruang Bimmbingan Olimpiade
Tidak ada
12
Gudang
Ada
13
Kantin
Ada
14
Kamar Mandi
2 buah
15
Rumah Penjaga Sekolah
Ada

E.     Pengelolaan sekolah
1.    Piket
Setiap sekolah umum pada umumnya memiliki petugas (piket harian baik di lingkungan guru maupun di lingkungan siswa). Adapun tujuan di tetapkannya piket (tugas harian) adalah untuk mengatasi berbagai masalah sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan baik. Adapun pelaksanaan piket ini khususnya guru di SDN 1 Sumberjo adalah secara bergantian sesuai dengan jadwal piket yang di tetapkan selama hari efektif belajar setiap hari petugas piket melaksanakan tugas sebagaimana  yang telah di ditentukan antara lain:
a.       Hadir sebelum kegiatan belajar mengajar (07.00 wib)
b.      Pulang setelah kegiatan belajar mengajar berakhir (-+12.00 wib)
c.       Mengawasi kehadiran guru dan siswa
d.      Mengawasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
e.       Mengawasi pelaksanaan kegiatan kebersihan
f.       Mengawasi siswa yang terlambat
g.      Mencatat siswa yang idak hadir
h.      Memberi izin kepada siswa yang permisi dari lokasi SDN 1 Sumberjo
i.        Menerima tamu
2.      Hari Besar
Setiap hari besar akan diperingati misalnya HUT RI, Hari Kartini, Hari Guru dan Hari Besar Islam lainnya seperti Isra’ Mi’raj dan Maulid Nabi.
3.      Hari Libur
Libur dilaksanakan sesuai dengan peraturan-peraturan yang ditentukan sesuai dengan kalender pendidikan.
4.      Upacara Penaikan Bendera
 Upacara dilaksanakan 1 kali seminggu yaitu setiap hari senin.
5.     Olahraga
         Olahrag bersama-sama (jalan sehat) dilaksanakan
         setiap bulan sekali.
6. Tugas Guru
a. Mengembangkan kepribadian: bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Siswa, berperan dalam masyarakat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang berjiwa pacasila, mengembangkan sifat-sifat yang disyaratkan bagi profesi keguruan
b. Menguasai landasan pendidikan: mengenal tujuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional, mengenai prinsip-prinsip psikologi pendidikan, mengenal sekolah dan masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar
c. Menguasai bahan pengajaran: menguasai bahan pengajaran dengan pengetahuan silabus dan kurikulum
d. Menguasai program pengajaran: menciptakan tujuan pengajaran, memilih dan mengembangkan bahan pengajaran, strategi belajar mengajar, media pengajaran yang sesuai serta memilih dan memanfaatkan sumber belajar
f. Melaksanakan program sekolah: menciptakan iklim belajar, mengatur ruang belajar, mengelola interaksi belajar mengajar
g. Menilai hasil dan proses belajar yang telah dilaksanakan: menilai proses murid untuk kepentingan pengajaran serta menilai proses belajar yang dilaksanakan
h. Melaksanakan program bimbingan: bimbingan siswa yang mengalami kesulitan belajar, siswa yang berkeinginan dan memliki bakat khusus dan bimbingan siswa untuk menghargai pekerjaan di masyarakat
i. Menyelenggarakan administrasi sekolah: mengenal dan melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
j. Melaksanakan interaksi dengan sesama: berinteraksi dengan para guru untuk meningkatkan kemampuan propesional keguruan dan meningkatkan visi dan misi pendidikan. Berintraksi dengan masyarakat sekitar
k. Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran: mengkaji konsep dasar penelitian ilmiah dan melaksanakan penelitian sederhana

7. Tugas Wali Kelas
a. memahami karakter siswa-siswa kelas yang di asuhnya
b. mengatur ruangan kelas dan membuat lay out kelas yang di asuhnya
c. menjalin hubungan yang harmonis dengan siswa
d. menjalin hubungan dengan orang tua siswa
e. menghubungi orang tua murid jika ada yang penting
f. menyimpulkan nilai siswa dari para guru bidang studi dan menyusunnya
   dalam  Daftar Kumpulan Nilai (DKN)
g. mengisi dan membagi rapot
h. membantu bendaharadalam mengumpulkan SPP dan sumbangan lainya
i. membantu guru BP dalam menangani kasus siswa
j. membina potensi dan kepribadian siswa
k. membantu siswa dalam memecahkan masalahnya
l. mengajar bidang studi yang telah ditetapkan sesuai dengan jam pelajaran
m. membuat laporan berkala


8. Hubungan sekolah dengan masyarakat (komite sekolah)
1. sekolah bersama masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam
 meningkatkan kualitas pendidikan
2. Sekolah bersama masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam
 mengembangkan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama
3. Sekolah melakukan hubungan kerja sama dengan bidang perindustrian
yang bersangkutan
4. dalam meningkatkan dukungan dan peran serta orang tua siswa dan
masyarakat perlu adanya wadah yang disebut dengan komite sekolah

F.     Organisasi Sekolah
1.      OSIS
Osis adalah satu-satunya organisasi kesiswaan di sekolah, karena OSIS menjadi penting keberadaannya di dalam menampung potensi siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan berorganisasi.
Tujuan utama dari OSIS adalah untuk mempersiapkan siswa sebagai kader penerus bangsa dan sumber manusia pembangunan Nasional guna:
a.       Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan budi pekerti yang luhur
b.      Meningkatkan pengetahuan jasmani dan rohani
c.       Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani
d.      Memantapkan kepribadian dan mandiri
e.       Mempertebal rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan kebangsaan

G.    Kurikulum
Adapun yang menjadi acuan pengembangan kurikulum SDN 1 Sumberjo adalah kurikulum yang berasal dari Depdiknas. Kurikulum tersebut disesuikan dengan visi dan misi yang telah dibuat oleh sekolah, sebab tidak semua kurikulum dari Depdiknas sesuai dengan kenyataan sekolah. Meskipun demikian, kurikulum dari Depdiknas menjadi acuan inti.
Untuk jelasnya, stuktur program pengajaran yang di berikan di SDN 1 Sumberjo dapat dilihat dari susunan di bawah ini:
No.
Mata Pelajaran
Kebutuhan


1
PKN
3

2
Pend. Agama Islam
3

3
Bahasa Indonesia
2

4
Bahasa Inggris
2

6
Pendidikan Jasmani
1

7
Matematika
2

8
IPA
1

9
IPS
1

11
Pendidikan Seni dan Budaya
1

Jumlah
16


H.    Kesiswaan
Jumlah keseluruhan siswa SDN 1 Sumberjo, kela I sampai kelas VI berjumlah 174, terdiri atas Laki-laki 97 dan Perempuan78. Adapun selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut :

Tabel  Keadaan siswa SDN 1 Sumberjo Tahun 2012/2013
                       
No
Kelas
Siswa laki-laki
Siswa perempuan
Jumlah
1
I
30
14
44
2
II
16
13
29
3
III
14
16
30
4
IV
10
14
24
5
V
12
11
23
6
VI
15
9
24
Jumlah
97
78
174




I.       Kepegawaian
Keadaan guru dan staf karyawan Sekolah Dasar Negri 1 Sumberjo seluruhnya berjumlah 12 orang, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang dikepalai oleh Bapak Miyatno S. Pd. Adapun selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut :
NO
NUPTK
NAMA
JABATAN
TUGAS MENGAJAR
STATUS PEGAWAI
1
44377416442OOO12
MIYATNO, S.Pd.
Kep Sek
PKn 4-6
PNS
2
554O73O6333OOOO3
SUJIATI ARIFIN,A.Ma.Pd
Guru Kelas
Kelas 1
PNS
3
24437376383OOOO3
SUWARNI,S.Pd.
Guru Kelas
 Kelas 4
PNS
4
933773864O2OOO53
BONIMAN,A.Ma.Pd.
Guru Kelas
Kelas 5
PNS
5
543374O6432OOO72
JIMIN,A.Ma.Pd.
Guru OR
Kelas 1-6
PNS
6
7O397416423OOO43
JUMIYATI,A.Ma.Pd
Guru Kelas
Kelas 3
PNS
7
156O7346352OOOO2
SUJADI,A.Ma.
Guru PAI
Kelas 1-6
PNS
8
33377416472OOOO3
SARTONO S, A.Ma.Pd
Guru Kelas
 Kelas 6
PNS
9
3O417656673OOOO3
NELY RATNASARI,A.Ma.
Guru Kelas
 Kelas 2
Honor
10
2O517566592OOO13
M.SAYUTI,A.Ma.
Gr.Mulok
Kelas 1-6
Honor








J.      Keuangan (Optional)
Sumber keuangan SDN 1 Sumberjo berdasarkan keterangan yang diperoleh adalah :
1.      Dana APBN yang digunakan untuk gaji PNS
2.      Dana BOS yang digunakan untuk gaji guru honor, biaya operasional sekolah baik untuk  pemaliharaan gedung sekolah maupun peralatan sekolah lainnya.

K.    Sarana dan Prasarana Sekolah
1.      Keadaan Sarana dan Prasarana
a.         SDN 1 Sumberjo Memiliki Gedung sendiri.
2)      2 Lokal kelas I
3)      1 Lokal Kelas II
4)      1 Lokal Kelas III (karena ruang kelas kurang, kelas 3 masuk siang)
5)      1 Lokal Kelas IV
6)      1 Lokal Kelas V
7)      1 lokal Kelas VI
8)      1 Lokal kantor
9)      1 kamar mandi/WC (murid)
10)  1 kamar mandi/WC (Guru)
b.      Keadaan mobiler
Keadaan bangku dan meja belajar murid cukup baik, tetapi masih ada beberapa yang memerlukan perbaikan karena mengalami kerusakan.

c.       Alat bantu mengajar
Alat bantu mengajar di SDN 1 Sumberjo yang sangat menunjang adalah LCD Proyektor dan lain-lain yang dapat digunakan.

d.      Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan di SDN 1 Sumberjo yaitu melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

L.     Hubungan Sekolah Dengan masyarakat
1.      Peran Serta Masyarakat
a.       Orang tua mendukung kelancaran belajar
1). Bentuk Jenis Dukungan
   a). orang tua member saran supaya anak rajin belajar di sekolah
   b). Member bantuan anak diwaktu belajar
   c). orang tua member bantuan untuk bantuan oprasional
b.  Orang Tua siswa memberi bentuk konstribusi pada pengembangan/program sekolah bentuk jenis kontibusi. Sebelum ada bantuan dari pemerintah wali murid bertanggung jawab atas program sekolah
c.  orang tua peduli terhadap kualitas siswa/sekolah bentuk jenis konstribusi (orang tua wali murid mengetahui/mngetahui/mengoreksi hasil belajar siswa rapor)
d.  hubungan kerja sama dengan dunia usaha



BAB III
PELAKSANAAN PPL




A.    Laporan Kegiatan Proses Belajar Mengajar
Berawal dari beberapa persiapan yang telah ditempuh oleh mahasiswa praktekan masa selanjutnya adalah berkoordinasi dengan guru pamong mata pelajaran PAI, mengenai batasan materi pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya guna dilanjutkan oleh masing-masing mahasiswa praktekan, kemudian dibuat program skenario pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan silabus mata pelajaran yang akan di praktekan oleh mahasiswa.
1.      Pembuatan Program Rencana Pembelajaran
Pengertian Program Rencana Pembelajaran adalah Program pengajaran mengenai satu kesatuan bahasa tertentu yang merupakan bahasan satu kesatuan program yang di pergunakan guru dalam proses belajar mengajar yang terdiri dari :
a.   Program Tahunan, yaitu program pembelajaran yang dibuat untuk satu tahun yang berisi tentang program pembelajaran
b.   Program Semester, yaitu Program pembelajaran yang dibuat untuk satu semester.
c. RPP, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di buat untuk merencanakan kegiatan mengajar.
c.   Silabus, yaitu program pembelajaran yang dibuat setiap kali guru melaksanakan proses pengajaran.
1). Adapun komponen-komponen program rencana pengajarannya adalah :
a). Komponen Dasar, berisi tentang rincian tujuan pembelajaran secara generasi yang merangkum semua aspek, sebagaiman tujuan yang telah di tetapkan oleh GBPP.
b). Indikator, berupa penjabaran yang lebih khusus yang membahas tujuan pembelajaran secara tertentu.
c). Materi atau Bahan Pengajaran, menentukan materi atau bahan pengajaran yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran, seperti program Administrasi Perkantoran yang dibuat dalam bentuk Satpel atau Silabus
d). Strategi Pembelajaran, menentukan metode kegiatan belajar mengajar seperti metode ceramah atau diskusi dan ditetapkan di dalam silabus, dan proses pembelajaran harus mengikuti kalender pendidikan sebagaimana yang telah di tentukan oleh pemerintah.
e). Alat dan Sumber Pengajaran, berupa buku, guru dan fasilitas lain yang akan mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran.
f). Penilaian atau Evaluasi, berupa tes, latihan dan ujian sebagai bahan evaluasi hasil pengajaran.

2). Langkah-langkah Program Rencana Pengajaran
a)      Menerapkan unsur-unsur dalam GBPP, di dalam setiap penyampaian materi pengajaran harus memenuhi unsur-unsur  GBPP yang telah ditetapkan.
b)      Merumuskan indikator dalam keterampilan proses pembelajaran, setiap pendidik harus mampu merumuskan indikator di dalam proses pembelajarannya sebagaimana yang telah dibuat di dalam silabus atau satpel.
c)      Menerapkan materi pelajaran, setiap guru harus bisa menyampaikan dan menerapkan materi pelajaran sesuai dengan GBPP tang telah ditetapkan.
d)      Kegiatan belajar mengajar, harus disesuaikan dengan GBPP dan materi yang akan disampaikan harus menggunakan metode  pengajaran yang sesuai.
e)      Menetapkan alat-alat dan sumber pelajaran, di dalam menentukan alat dan sumber pelajaran harus sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran yang akan disampaikan.
f)       Penialaian atau evaluasi, setelah proses pembelajaran di laksanakan maka langkah terakhir adalah evaluasi dengan melaksanakan ujian.
Dengan memperhatikan prosedur pembuatan program rencana pembelajaran, maka penulis menggunakan semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari mata pelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diambil dan kemudian siap untuk didemonstrasikan melalui proses intraksi belajar dan mengajar di dalam kelas.
2.      Penampilan Pengajaran di Kelas

Pelaksanaan kegiatan praktek keguruan yang dilaksanakan penyusun di SDN 1 Sumberjo adalah pada mata pelajaran PAI untuk kelas I-VI. Di laksanakan oleh 1 kelompok berjumlah 2 orang. Secara keseluruhan praktek ini menghabiskan waktu 2  Minggu 16 x Pertemuan di bagi 2 = 1 minggu 8 pertemuan perorang.

B.     Deskripsi Keberhasilan Dan Kendala Yang Dialami Praktik Selama PPL

Dalam melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan peserta

1.  Keberhasilan





BAB IV
PEMBAHASAN ANALISIS SWOT
A.    Strength : Kekuatan
B.     Weakness : Kelemahan
C.    Opportunity : Kesempatan
D.    Threat : ancaman



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Setelah Peserta PPL melaksanakan PPL dengan segala aktifitas, maka peserta dapat menyimpulkan sebagai berikut:
2.   PPL merupakan suatu mata kuliah yang sangat menunjang keberhasilan mahasiswa untuk mendapat kompetensi dan performansi yang diharapkan lembaga maupun pihak lain yang membutuhkan.
3.   PPL merupakan realisasi dari pembelajaran yang ditemui di kampus, dan merupakan gambaran nyata dari permasalahan yang akan di temui kelas di lapangan.
4.   Ilmu yang diperoleh di kampus tidak selamnya dapat diterapkan langsung di lapangan ( di sekolah ), tetapi harus menyesuaikan dengan lingkungan sekolah masing-masing.
5.   Administrasi guru untuk tiap mata pelajaran yang di perbolehkan untuk praktik ternyata sudah lengkap dari KTSP, Silabus, RPP, Prosem, Prota, Daftar Nilai, Daftar Kemajuan belajar dan lainya, sehingga memudahkan bagi praktikan untuk melaksanakan praktinya.
6.   Siswa dan lingkungan sekolah sangat kondusif untuk proses belajar mengajar.

B.     Saran / Rekomendasi

Melaksanakan praktikum keguruan ini tentunya terdapat kekurangan-kekurangan yang dapat menyebabkan proses berjalannya praktikum sedikit terhambat oleh karena itu sebagai bahan evaluasi bahan praktikum perlu penulis sampaikan saran-saran, baik bagi anggota praktikum maupun pihak-pihak terkait.
7.    Mengingat waktu praktikum keguruan sangat singkat, maka perlu sekali adanya persiapan yang matang baik dari pihak praktekan maupun dari pihak penyelenggara agar program PPL bisa berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang memuaskan.
8.    Fasilitas yang tersedia di lapangan idealnya lebih lengkap lagi sehingga proses balajar mengajar praktekan lebih baik
Demikian laporan praktikum ini penulis susun walaupun masih terdapat kekurangan, namun demikian penulis telah berusaha semaksimal mungkin menyusun laporan ini, tentunya dengan data, fakta dan realita selama berlangsungnya kegiatan praktikum keguruan. oleh karena itu keberhasilan penyusunan tiada lain adalah berkat hidayah dan kemudahan yang telah Allah berikan kepada penulis sehingga mampu menyelesaikan laporan ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Jurusan Pendidikan Agama Islam  (Tarbiyah) STAI Darussalam Lampung.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada segenap keluarga besar Sekolah Dasar Negri 1 Sumberjo atas kerjasama dan diterimanya kami menyelenggarakan praktek keguruan, begitu juga kepada ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), para dosen pembimbing beserta semua pihak yang telah mendukung untuk tersusunnya laporan ini. semoga amal baik ini mendapatkan balasan pahala dan kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Akhirnya hanya kepada Allah jualah penulis sandarkan segala urusan, dengan tawakkal kepada-Nya, karena Dia-lah sebaik-baik penilai. mudah-mudahan laporan ini bermanfaat dan menjadi suatu kaya yang dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi pembuatan laporan praktikum dimasa yang akan datang. Amiin…



No comments:

Post a Comment